Cegah Sakit Punggung Saat Menyetir Mobil

Terjebak dalam kepadatan lalu lintas bisa lebih dari menyakiti pantat Anda. Masalah punggung adalah efek samping yang umum dirasakan saat berjam-jam menghabiskan waktu berkendara di jalan.

Berbeda dengan sensasi yang Anda dapatkan bila terlalu lama duduk di kursi kantor, tubuh Anda mendapat banyak gaya yang berbeda di dalam mobil. Mulai dari percepatan, goyangan dari sisi ke sisi, dan getaran, kata Alan Hedge, PhD, CPE, profesor ergonomi di Cornell University.

Getaran pada tulang belakang mendorong cakram (bantalan yang bertindak sebagai peredam syok dan memungkinkan pergerakan tulang) antara tulang belakang. Ini dapat menyebabkan kerusakan mekanis pada cakram, Hedge kata.

“Ada bukti bahwa kombinasi dari faktor-faktor ini, ditambah dengan desain kursi mobil itu sendiri, dapat meningkatkan kemungkinan masalah punggung bagi sebagian orang,” jelasnya, sebagaimana dilansir dari Menshealth.

Jadi bagaimana daerah pinggang Anda mendapat kesempatan untuk melawan baik tekanan fisik dan desain kendaraan Anda? Yang bisa dilakukan pertama kali adalah menyesuaikan punggung kursi Anda sampai 100 derajat dan kursi bawah 5 derajat ke atas, saran Douglas Krebs, DC, ahli ortopedi chiropractic di Chicago.

Meskipun 130 derajat adalah posisi yang ideal untuk punggung, posisi yang sedikit lebih sempit ini memungkinkan Anda untuk mengistirahatkan leher Anda pada bantalan leher dan masih tetap melihat jalan.

Kebanyakan mobil tidak memiliki pendukung lumbal (lekukan pada tulang punggung bawah) yang cukup, memberi ganjalan dengan bantal atau menggulung kaus dan menempatkannya di belakang punggung Anda dapat membantu.

“Jika Anda memberi bantalan yang aman di punggung bawah untuk menurunkan tekanan pada cakra lumbal Anda, bagian tubuh lainnya akan jatuh ke tempatnya,” kata Krebs.

Karena kaki Anda berada di bekerja menekan pedal, mereka tidak sedang digunakan untuk bersandar atau menstabilkan tubuh bagian bawah. Jaga kaki kiri Anda tetap kuat pada lantai, dan jika Anda berada di cruise control, tekan kedua sepatu ke lantai sehingga paha dan tulang kering membentuk sudut 90 derajat.

Jika Anda sedang mengendarai mobil selama lebih dari 20 menit, sesuaikan kursi Anda beberapa inci untuk mengubah sedikit gaya dan mengurangi beban konstan pada tulang belakang Anda, kata Krebs. Bila terjebak di jalan tol selama satu jam atau lebih, berhentilah dan regangkan otot sesering yang Anda bisa.

Sumber: lifestyle.okezone.com, klikdokter.com, tipstren.pojoksatu.com

Share Button